Company Profile adalah

Company Profile Adalah Branding Perusahaan

Profil perusahaan atau company profile adala bisa dibuat baik itu paling singkatnya 1 halaman, hingga mencakup berbagai data perusahaan lengkap terdiri dari beberapa halaman. Meskipun ada beberapa format berbeda dalam penyusunan profil perusahaan ini, tapi tetap menampilkan berbagai informasi penting terkait perusahaan.

Company Profile Artinya

Bagi kalangan pengusaha, tentu saja istilah company profile sudah sangat familiar. Akan tetapi sebagian besar masyarakat luas belum memahami secara detail tentang pengertian company profile itu sendiri.

Menurut KBBII (Kamus Besar Bahasa Inggris-Indonesia), istilah dari company profile adalah terdiri atas 2 kata berbeda namun keduanya saling berhubungan satu sama lain, yakni istilah company dan istilah profile.

Dalam hal ini, company mempunyai definisi sebagai persekutuan, perusahaan maupun rombongan. Sementara istilah profile sendiri memiliki arti sebagai, riwayat, tampang, dan penampang. Lebih jelasnya company profile adalah riwayat sebuah perusahaan.

Secara luasnya, pengertian company profile adalah penjelasan atau deskripsi perusahaan, yang ikut melibatkan poduknya, baik secara grafik maupun verbal dengan mengangkat product value, corporate value, hingga keunggulan dari perusahaan tersebut.

Company profile ini termasuk ke dalam salah saut bentuk sarana public relations untuk merepresentasikan perusahaan atau organisasi tertentu.

Adapun gagasannya ialah meyakinkan calon konsumen atau konsumen potensial dengan menampilkan berbagai informasi penting supaya mereka bisa mempertimbangkan memakai jasa atau produk dari sebuah lembaga maupun perusahaan.

Pembuatan company profile itu sendiri akan meningkatkan value lembaga atau perusahaan dari para kompetitornya dengan mempengaruhi keputusan calon konsumen secara positif, untuk memakai jasa atau produk tersebut.

Company Profil Perusahaan

Tujuan pembuatan dari company profile adalah meliputi beberapa hal berikut :

  1. Menginformasikan sebuah organisasi atau perusahaan kepada khalayak umum agar masyarakat mempunyai pandangan tentang organisasi maupun perusahaan tersebut serta keberadaannya.
  2. Menampilkan riwayat atau informasi tentang organisasi atau perusahaan.
  3. Membangun brand image organisasi atau perusahaan.
  4. Memberikan gambaran tentang profil sebuah perusahaan kepada public dengan mudah.

Pembuatan company profile haruslah menarik. Profil perusahaan ini mencerminkan perusahaans ecara garis besar. Oleh karena itu, pembuatannya membutuhkan penataan yang efektif, pencetakan dengan kertas berkualitas, menampilkan struktur dan warna company profile, serta tanpa adanya kesalahan ketik.

Untuk mempresentasikan company profile sendiri membutuhkan kreativitas dan imajinasi yang sepenuhnya. Adapun halaman pembuatan profil perusahaan ini biasanya sekitar 12-15 halaman maksimalnya.

Jadi, Anda harus tetap memperhatikan jika ada halaman yang terlalu sedkit atau banyak karena dapat berpengaruh pada pengambilan keputusan dari pembaca sebagai calon klien atau konsumen.

Company Profile Website

Website profile adalah sebuah sarana yang berguna sebagai media penyampaian informasi atau mengkomunikasikan tentang profil perusahaan dengan lengkap kepada klien atau calon klien maupun konsumen yang membutuhkan.

Sebenarnya, company profile sendiri terdiri atas berbagai macam media, diantaranya :

  • CD/DVD, biasanya berisi tentang presentasi perusahaan berbentuk flash atau video.
  • Elektronik, biasanya berbentuk iklan di TV dan di radio.
  • Cetak, seperti brosur, katalog album, hingga iklan di media massa.
  • Media internet yang lebih dikenal dengan sebutan profile website.

Diantara banyaknya jenis media yang digunakan, banyak orang yang sudah mulai memanfaatkan company profile website. Apa sebenarnya keunggulan dari profile website itu sendiri?

  1. Lebih efektif, calon klien/customer ataupun yang sudah menjadi klien/customer dapat berinteraksi dengan perusahaa secara langsung, misalnya lewat fasilitas chatting.
  2. Jangkauan promosi atau penyebarannya lebih luas, sebab memanfaatkan media online, tentu saja membuatnya lebih mudah diakses kapan saja dan dimana saja, hingga para pengguna yang ada di seluruh pelosok dunia.
  3. Lebih hemat budget, Anda bisa melakukan pembandingan antara pembuatan website profile dengan pembuatan profile lewat brosur atau katalog. Selain itu, Anda juga bisa langsung bertanya tentang biaya pembuatan website profile ini kepada jasa agency.

Sebenarnya, Anda bisa membuat sendiri website profile perusahaan, karena kini ada banyak platform gratis. Akan tetapi jika Anda tak ingin repot-repot atau karena tidak memiliki waktu luang, cara paling efektif membuat website profile adalah dengan memakai jasa agency.

Selain itu, pada pembuatan profil perusahaan biasanya oleh suatu tim, yang meliputi :

  • Divisi Konsep dan Pengembangan

Biasanya konsep beserta pengembangannya oleh perusahaan bersama advertising agency sesuai tujuan pembuatannya. Selain itu pengembangan dan konsep lewat penjelasan yang deksriptif yang nantinya ditindaklanjuti oleh tim Produksi dan Kreativitas.

  • Divisi Kreativitas dan Produksi

Bagian kreatif ialah bagian yang dapat menterjemahkan konsep ke dalam segi gafik dan visual sesuai karakteristik atau perilaku konsumen terhadap produk.  Dalam bagian ini, biasanya berisi beberapa orang yang berjiwa seni dan memiliki daya kreativitas yang tinggi.

Company Profile Pdf

Pada pembahasan sebelumnya, bentuk comprof sendiri bisa lewat bentuk digital, DVD atau CD, hingga PDF. Dalam contoh format pdf wajib mendeskripsikan maksud dan tujuan perusahaan itu sendiri.

Karena mempunyai profil usaha yang baik ialah sebuah keharusan apabila pemilik usaha ingin bisnis yang mereka miliki lebih berkembang serta mendapatkan banyak perhatian  banyak orang. Jadi tidak heran jika ada banyak usaha maupun usaha menengah yang memutuskan membuat company profile ke pihak jasa agency.

Banyak bisnis atau perusahaan baru, baik berbentuk UKM maupun industri-industri berskala besar belum mempunyai profil perusahaan yang mampu menjangkau target pasar mereka. Ada banyak faktor yang menyertainya, salah satunya ialah kurangnya informasi profil perusahaan mereka sendiri.

Pembuatan dalam bentuk pdf meliputi beberapa informasi yang harus ada. Mulai dari informasi mendasar tentang bisnis atau perusahaan yang Anda miliki. Seperti nama legal perusahaan, waktu berdirinya perusahaan, nomor kontak, alamat web perusahaan, akun email, dan lainnya.

Sementara poin kedua adalah keuntungan dan kekuatan kompetitif dari perusahaan Anda. Jadi intinya Anda harus mampu meyakinkan klien atau pembeli tentang perusahaan atau bisnis Anda.

Selain itu, yang paling penting dalam pembuatan company profile adalah pencapaian perusahaan. Pada bagian inilah, berbagai macam informasi perusahaan harus lengkap sesuai fakta dan data-data perusahaan yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *